Jumat, 04 Oktober 2013

Mengenal Bahan Kaos Bola / Jersey

Ilustrasi, Jersey Barcelona
kita clothes - Bagi anda pecinta olah raga sepak bola pasti tak asing lagi dengan kain yang satu ini. Kain jersey ini biasanya digunakan untuk bahan seragam sepak bola. Kain jersey adalah jenis tekstil rajutan terbuat dari full katun atau katun dan campuran sintetis. Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus, lebih tebal dari spandek rayon dan tidak berbulu. Beberapa penggunaan umum untuk kain jersey yaitu t-shirt dan selimut musim dingin. Kain hangat, fleksibel, elastis, dan sangat isolasi, menjadikannya pilihan populer untuk lapisan dikenakan paling dekat dengan tubuh. Jersey juga cenderung lembut dan kainnya dingin (adem), sehingga sangat nyaman dan memberi kesan jatuh saat dipakai.



Asal mula penyebutan nama kain jersey yaitu dari nama Pulau Jersey. Jersey adalah pulau terbesar dari gugusan pulau yang dikenal sebagai Kepulauan Channel, yang terletak antara Inggris dan Perancis. Pulau ini memiliki sejarah panjang pendudukan manusia, disana juga terkenal akan sapi jersey yang menghasilkan susu yang selanjutnya dibuat krim.


Bahan jersey merupakan kain rajutan yang memiliki sisi kanan dan sisi yang salah. Sisi kanan bahan ditandai oleh serangkaian garis yang sangat kecil yang berjalan secara vertikal, dan sisi yang salah memiliki sebutir horisontal. Biasanya pakaian yang terbuat dari kain jersey dijahit dengan sisi kanan menghadap keluar, kecuali penjahit yang membuat pilihan gaya disengaja.


Alasan mengapa banyak orang suka memakai kain jersey adalah faktor peregangan. Kain dapat meregang hingga 25 persen sepanjang sajiannya. Selain itu, kain ini cenderung melekat pada tubuh. Kain ini juga digunakan untuk bahan gaun atau dress, yaitu memanfaatkan karakteristik kain yang melekat atau pas di badan. Kain jersey juga tersedia dalam bermacam-macam warna dan pola yang sesuai dengan semua selera. Untuk bahan satu ini, agar jatuhnya enak dan terlihat bagus melekat di lekuk tubuh anda, pilih yang bahannya agak berat. Satu ukuran lebih besar akan menghindari kesan pakaian melekat ketat yang tidak enak dilihat.


Ketika menjahit kain jersey, sebaiknya kain dicuci terlebih dahulu terutama jika bahan kainnya adalah kapas. Semua rajutan cenderung menyusut ketika dicuci, dan mencuci terlebih dahulu akan menghilangkan masalah penyusutan. Hal ini juga penting untuk menggunakan pola khusus untuk kain rajut, pola akan menjelaskan faktor stretch material. Penjahit sebagian besar juga menggunakan lapisan ganda jahitan atau jahitan overlock pada kain jersey, untuk mencegah penguraian.


Ada beberapa jenis kain jersey yaitu kain hyget super, kain serena, dan kain dri-fit. Kain jersey hyget super mempunyai struktur yang padat dan rapi. Kain ini biasanya digunakan untuk bahan kaos olahraga, hyget super nyaman dipakai dan memiliki daya serap keringat tergolong tinggi. Namun, kain ini tidak akan pernah menyamai dengan bahan katun.


Kain Jersey Hyget Super
Kain Jersey Hyget Super
Sumber: http://angkringan-kaos.blogspot.com


Kain jersey serena memiliki stretch yang tinggi dan mudah dalam pencucian dengan atau tanpa perawatan khusus. Biasanya selain futsal maupun sepakbola, bahan kaos ini juga dipakai oleh peminat olahraga dengan aktifitas yang memerlukan banyak gerak, seperti badminton, bola voli, dan sebagainya. Orang cenderung pilih kain serena karena bahannya yang lebih murah dari kain dri-fit dan juga kain serena termasuk golongan bahan yang enak dipake. Serena memiliki tekstur yang lembut dan padat dengan berat jenis sekitar 0.21kg/m2.
Kain Jersey Serena


Kain Jersey Serena
Sumber: http://angkringan-kaos.blogspot.com


Kain jersey dri-fit merupakan bahan kaos yang paling banyak digemari sekarang ini. Kain dri-fit terbuat dari campuran polyester, spandex dan nilon. Kain dri-fit memiliki sifat lentur dan padat. Kaos dengan bahan dri-fit seringkali digunakan untuk olahraga dengan aktifitas penggunaannya agar tetap kering, misal lari jarak jauh, tennis, dan golf. Cara merawat kain dri-fit sebenarnya cukup mudah. Dicuci menggunakan deterjen cair, lalu dikeringkan. Kesalahan penggunaan deterjen maupun mesin pengering juga dapat mengurangi keefektifan kain ini. Jangan menggunakan pemutih pakaian maupun dry clean.



Kain Jersey Dri-fit
Kain Jersey Dri-fit
Sumber: http://www.konveksian.com



Tips mencuci bahan jersey, jangan pernah menggunakan mesin cuci dengan putaran yang tinggi apabila mencuci pakaian anda. Karena sering dicuci dengan intensitas yang tinggi dapat mempengaruhi kualitas bahan maupun merusak bahan. Gunakanlah deterjen yang khusus untuk mesin cuci dan simpanlah kaos anda ditempat yang kering. Semoga bermanfaat.(http://fitinline.com)***


Kita Clothes Bandung

sms/wa 081910120717 (Taufik Hidayat)  
Id Line : mangopik  
Email : konveksikaoskita@gmail.com   
 
Media sosial : 
Instagram @Kita_Clothes
Twitter : @Kita_Clothes
Fan Page Facebook : Kita Clothes Bandung

1 komentar: