Senin, 30 September 2013

Cara Merawat Denim/Jeans Kesayangan

 
Celana Jeans / denim. Kredit foto : www.esquire.com

kitaclothes.com - Jika ingin jeans kesayangan Anda tahan lama, sebaiknya perhatikan cara perawatannya. Merawat jeans sedikit berbeda dengan pakaian berbahan lainnya seperti katun, spandex atau linen. Perawatan yang tepat bisa membuat celana jeans lebih tahan lama dan semakin bagus dari waktu ke waktu.
Secara umum, merawat jeans tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun ada sebagian orang yang melakukan teknik perawatan tertentu untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Misalnya dengan tidak mencucinya selama berbulan-bulan atau justru harus sering dicuci agar warnanya semakin menonjol. Sebenarnya, bagaimana cara merawat jeans yang benar?

1. Baca Instruksi pada Label. Dikutip dari How to wash stuff, cara paling aman adalah membaca terlebih dahulu instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Biasanya dituliskan prosedur pencucian, suhu air yang digunakan untuk mencuci juga petunjuk penyetrikaan.

2. Pastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong celana. Seperti uang kertas, koin, pulpen, dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah jeans terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat pencucian. Hindari juga penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan semua warna jeans.

3. Mencuci jeans bisa menggunakan mesin cuci, dengan tangan maupun dry clean. Jika ingin menggunakan mesin cuci, atur pada pencucian 'delicate'. Sebaiknya saat mencuci jeans disatukan dengan pakaian lain yang juga berbahan denim, dan tidak lebih dari lima potong. Terlalu banyak jeans yang dicuci dalam watu waktu bisa membuat mesin berat sehingga hasilnya tidak bersih maksimal.

4. Menurut pendiri situs komunitas jeans darahkubiru, Respati Hafidz, jeans akan lebih tahan lama jika dibalik saat pencucian. "Warnanya lebih nggak cepat pudar, cuci pakai tangan juga nggak cepat pudar," terang pria yang akrab disapa Direz ini saat berbincang dengan wolipop di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
5. Ketika menjemur, Direz menyarankan, "Jangan di bawah sinar matahari langsung karena ternyata bisa memudarkan warna. Kebanyakan baju yang berwarna juga kalau kelamaan kena sinar matahari bisa pudar."

6. Sebaiknya saat penjemuran, jeans digantung pada hanger dan dibalik depan-belakang, lalu diangin-anginkan.

7. Setelah kering, sebaiknya jeans tidak dilipat. Simpan di lemari dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menjaga bentuk aslinya. (sumber: wolipop.com)***





tags : cara merawat jeans, cara cuci denim, tips mencuci jeans kesayangan, cara merendam denim, konveksi denim bandung, makloon jeans di bandung, denim keren indonesia, jeans cihampelas, denim bandung keren, psd, tips-tips merawat jaket jeans, celana jeans, kemeja denim keren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.kitaclothes.com


E-mail :
konveksikaoskita@gmail.com

KONTAK

Sms/WA/Telp :
081910120717 (Taufik)

Id line:
Mangopik

Pin BB :
D716C438

Newsletter