Rabu, 21 Agustus 2013

Tips Memilih Jaket Outdoor

ILUSTRASI JAKET DARI JACKWOLFSKIN
SAAT INI Jaket outdoor atau jaket yang dipakai di kegiatan luar ruangan (alam bebas)  memiliki model, desain, dan bahan yang beragam. Merk lokal dan luar pun semakin meramaikan pasar. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai perlengkaan ini. 

Beraktivitas di alam bebas yang mengundang bahaya, karena itu, Anda harus mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang tepat dan mumpuni. Jangan sampai karena cuma mengejar “gaya”, tetapi pakaian Anda menjadi percuma karena tidak mampu melindungi Anda selama berpetualang.  


Sesuaikan ukuran, model, dan bahan Jaket yang baik harus bisa menutup tubuh bagian atas. Lubang dari lengan ataupun leher sebaiknya menutup sempurna untuk mencegah hawa dingin masuk. Selain itu, kenyamanan dalam bergerak harus diperhatikan. Pilihlah jaket dengan ukuran yang pas, tidak ketat dengan badan. Jangan pula terlalu besar, karena akan memakan space besar saat disimpan dalam tas.Untuk model, pilihlah yang memiliki kerah tinggi dan topi. Kerah berfungsi melindungi leher, dan topi mampu menghangatkan bagian kepala.


Berbagai macam bahan tersedia di pasaran. Biasanya berfungsi wind - braker atau water - proof. Bahan water - proof lebih disukai karena lebih tahan air. Namun, bila hujan besar, air dapat masuk dari sela - sela jaket ataupun merembes.

Anda bisa melakukan tes dengan mengucek sedikit jaket yang akan dibeli. Bahan anti air, seperti
taslan dan gore - tex, biasanya akan terasa licin dan kaku. Bila ingin memastikan kualitas, Anda dapat meniup salah satu bagian kain. Bila terasa mampat, dapat dipastikan bahan ini anti air.


Warna terang v.s. gelap

Beberapa pendaki menyukai warna terang, dengan alasan untuk lebih mudah dikenali. Warna terang juga lebih memantulkan cahaya daripada gelap yang bersifat menyerap. Namun, ada pula yang kurang suka, karena warna terang dianggap lebih cepat terlihat kotor.

Kembali kepada keutamaan fungsi sebuah peralatan, yaitu menunjang keselamatan. Bila warna terang lebih menunjang keselamatan, kenapa harus lebih takut kepada kotor?


Sesuaikan dengan medan dan waktu penggunaan

Seperti apa medan yang akan Anda hadapi? Bila Anda pergi ke gunung dengan ketinggian 2.000  –  3.000 mdpl, gunakan jaket dengan bahan dalam polar untuk menghangatkan. Waktu penggunaannya pun sebaiknya saat tidur. Apabila dipakai untuk berjalan, keringat keluar berlebihan, sehingga tubuh akan merasa terlalu lelah.Pada beberapa kasus, seperti summit attack ( pendakian ke puncak ) di Gunung Semeru atau Rinjani, pergerakan dilakukan sekitar pukul 02.00 pagi. Tentu saja jaket harus dipakai untuk menjaga suhu tubuh.


Perhatikan detail

Detail utama yang diperhatikan ialah bagian kantong dan retsleting. Terlalu banyak kantong malah membuat jaket kurang efektif. Perhatikan pula masalah fungsi. Kantong di bagian samping perut, selain untuk menyimpan barang, bisa pula digunakan untuk menghangatkan telapak tangan.

Retsleting yang baik memiliki lapisan tahan air. Bila tidak, minimal resleting di bagian depan memiliki lapisan penutup lagi. Lapisan ini berfungsi mencegah angin masuk. Beberapa jaket memiliki resleting di bagian ketiak, agar tetap sejuk selama dipakai. Model ini bisa menjadi pilihan.


Lihat merk

Pilihlah merk yang sudah Anda kenal, atau Anda sudah memiliki referensi mengenai merk tersebut. Merk luar yang terkenal seperti Jack Wolfskin, Heads, Timberland, dll. Beberapa merk ada pula yang mencantumkan logo gore-tex. Untuk merk lokal, beberapa yang bagus diantaranya Eiger, Consina, Avtech, dan DMM. Terkadang, ada pula merk yang kurang dikenal, tapi memiliki bahan yang bagus. Anda bisa menilai dari resletingnya. Bila tercantum merk jaket yang sama, berarti jaket terbilang bagus. Karena, tidak sembarang perusahaan bisa membuat logo di resleting. Bila tidak memakai merk sendiri, pilihlah jaket dengan merk resleting YKK, yang sudah terjamin kualitasnya. (Sumber, http://www.belantaraindonesia.org)***





tags: jaket outdoor keren, tips merawat jaket gunung, jaket outdoor, jaket hiking bandung, tips mencuci jaket, perawatan jaket, konveksi jaket bandung, konveksi jaket hiking, jaket polar bandung, jaket outdoor indonesia, jacket traveling, jaket backpacker, memilih jaket keren, jual jaket murah, jaket eiger bandung

2 komentar:

  1. Berapa gan yang model ini saya pesen

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk info pemesanan silakan bisa langsung wa ke no kontak kami

      Hapus