Kamis, 12 Desember 2013

Kisah Sukses C59, Bandung

Logo C59


Kali ini kita clothes akan sedikit membahas kisah sukses dan sejarah awal mula berdirinya sebuah perusahaan kaos terbesar di Indonesia yaitu C59. Siapa sih yang ga kenal C59?  C59 sendiri bisa jadi merupakan salah satu pionir perusahaan kaos di Indonesia. 

Berawal dari keberanian pasangan Marius Widyarto Wiwied (Owner C59) dan Maria Goreti (Istri dari mas Wiwied), yang membeli satu mesin jahit dan dua mesin obras, uang yang merupakan hasil dari menjual kado pernikahan mereka pada 12 Oktober 1980 silam. Didirikanlah perusahaan C59, yang kemudian pada setiap tanggal tersebut diperingati hari Ulang tahun C59. 



Nama perusahaan C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana Pak Wiwied dan Ibu Maria pertama kali tinggal, yaitu Caladi No.59 Bandung. Pada awalnya bisnis C59 pertama kali adalah melayani pesanan T-Shirt bergambar, yang pada masa itu teknik pengerjaannya masih manual belum menggunakan komputer. Baru pada tahun 1985, C59 mulai menunjukan keunggulan dari segi bahan tshirt, Jenis Sablon, dan teknik pisah warna hingga produknya  sampai dikenal di Bandung dan Jakarta.
 
Tahun 1990, C59 semakin berkembang dengan membangun pabrik dan fasilitas modern bersamaan dengan dibangunnya toko retail (Showroom)  yang pertama di jalan Tikukur No.10. Periode 1993-1994 C59 berdiri secara sah sebagai perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan Bp. Marius Widyarto Wiwied sebagai Direktur Utama (hingga saat ini), yang dilanjutkan dengan melakukan ekspansi ke beberapa kota di Indonesia, dengan mendirikan toko sendiri dan menjalin kerjasama dengan Ramayana Departement Store sebagai saluran distribusi yaitu: Jakarta, Balikpapan, Yogyakarta, Ujung Pandang, Lampung, malang.


Tahun 1996 PT.Caladi Lima Sembilan (C59) memperoleh penghargaan Upakarti untuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM). Pada tahun 1999 PT.Caladi Lima Sembilan (C59) memenangkan penghargaan Internasional Merit Award untuk kategori tema : Kalender Terbaik (Best Calendar Theme). 

Di Tahun 2000 pada usia yang ke-20 C59 mulai memasarkan produknya ke Eropa Tengah (Ceko, Slovakia dan Germany). Sedangkan untuk  mengembangkan pasar lokal nasional, C59 menjalin kerjasama dengan Matahari Departement Store. Konsep dan Varian produknya juga berubah dari "Basic t'shirt" (Kaos Oblong) menjadi "Fahion Apparel" dengan segmentasi kalangan remaja usia 14-24 tahun. 


Sedangkan pada tahun 2001 C59 memperoleh peringkat 1 (pertama) diajang penghargaan Enterprise 50 (50 Ukm Nasional Terbaik) yang diselenggarakan oleh
Accenture dan Majalah SWA. Di tahun 2007 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) mendapat penghargaan Hade Award dari Dinas Perindustrian Jawa Barat, dan KICK (Kreative Independent  Clothing Komunity), sebagai pelopor perclothingan di Bandung Jawa Barat. 




Menurut website C59, mereka menyebut C59 adalah sebuah perusahaan apparel yang sudah berdiri sejak 1980. Mempunyai experience dalam membuat kaos dan apparel lainnya. Jika dijumlah dari sejak berdiri, sudah lebih dari 1.000.000.000(satu milyar) kaos yang diproduksi. Kita memiliki portfolio yang sangat panjang dan juga reputasi yang baik terhadap konsumen kami. Klien kami tersebar dari Indonesia hingga ke luar negri. 


Kami adalah tangan-tangan untuk mewujudkan konsep dan keinginan anda ke dalam T-shirt, Poloshirt dan produk-produk lainnya. Jika anda memiliki sebuah ide tapi tidak bisa menuangkannya menjadi gambar atau design, kami juga menawarkan jasa design internal kami. 

C59 memiliki pabrik sendiri sebesar kurang lebih satu hektar yang berdomisili di Jalan Cigadung raya timur nomor 107, Bandung. Di pabrik ini kami membuat pesanan anda dari kain polos menjadi sebuah produk yang anda bisa pakai atau anda jual kembali. Kami yakin akan kualitas dan servis kami.(kitaclothes.com)***


Sumber : 
  • http://informationtechnologycreative.blogspot.com/2012/01/sejarah-dan-produksi-c59.html
  • http://c59.co.id/factory/?pg=about

2 komentar: