Jumat, 22 April 2016

Sedikit Catatan Bagian 1


Tidak terasa sudah 2,5 tahun usia usaha ini berjalan, walau masih bayi dan belum stabil, banyak suka duka. Tentunya banyak pelajaran yang didapat. Salah satunya secara tidak langsung saya bisa belajar mengenali karakter orang yang berbeda dan mengenal banyak orang yang berbeda-beda daerah pula. Selain tentunya sedikit demi sedikit mulai mengerti teknis produksi pakaian, pemasaran dan promosi, walau masih dalam tahap belajar.

Awal merintis usaha ini, bisa dikatakan karena kepepet tak punya pekerjaan setelah vakum kuliah yang tak kunjung usai hingga sekarang. Bersama seorang kawan, saya lemparkan ide membuat usaha jasa pembuatan pakaian khususnya kaos. Setelah waktu berjalan dan usaha mulai berjalan, kawan saya mulai menikah dan saya pun sendirian merintis usaha kecil ini. Alhamdulillah orderan mulai ada, dan trafik produksi semakin meningkat, saya sangat bersyukur sekali dan sebelumnya belum pernah membayangkan bisa membuka usaha sendiri walau masih dalam tahap kecil nan sederhana. Karena keadaan mungkin bisa membuat kita berubah,asal kita mau dan mempunyai niat serta tekad.

Saat kuliah dulu, di semester berapa saya lupa, ada mata kuliah kewirausahaan, disana sang dosen pernah bilang, "bahwa usaha atau bisnis jangan melulu mengenai untung dan rugi, tapi bagimana kita bermanfaat bagi pelanggan kita atau orang lain". Saya selalu terngiang perkataan tersebut, dan saya selalu bertanya apakah saya dan usaha saya atau apa yang saya hasilkan sudah bermanfaat bagi customer saya atau orang lain?

Apakah usaha saya hanya sekedar mencari keuntungan semata? atau jauh lebih dari itu, bisa bermanfaat bagi customer dan mungkin untuk lingkungan sekitar? Pertanyaan itu belum bisa saya jawab sekarang, dan mungkin bisa saya jawab seiring waktu berjalan.

TH
Bandung, 22 April 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar